Mobile commerce adalah pembelian dan penjualan barang
dan jasa melalui wireless hand-held devices.
beberapa contoh m-commerce menurut (Harsh, 2001)
- pembayaran
tagihan menggunakan mobile phone atau handheld devices
- menggunakan
pengenalan suara pada telepon seluler untuk membeli karcis bioskop
(pengenalan suara untuk memulai transaksi pada jaringan data wireless)
- pembelian
tiket penerbangan menggunakan handheld devices
- pembayaran
untuk file mp3 yang di download melalui telepon seluler dan handheld
devices
- pembelian
stok menggunakan telepon seluler atau handheld devices dan memulai
jaringan wireless yang dihubungkan ke intranet penyalur.
Menurut siemens (http://www.siemens.com) sistematika
m-business dibagi dalam enam kategori, yaitu:
- mobile
commerce, yang
terdiri dari perbankan, perdagangan pembelian ticketing pelelangan travel
managemen, dan lain2.
- mobile
info-service yang
terdiri dari informasi cuaca, pasar modal, berita akses internet, jasa
penetapan lokasi dan lain sebagainya.
- mobile
service yang
terdiri dari jasa perbankan, emergency, pengontrolan, serta jasa
telematika lainnya.
- mobile
communication yang
terdiri dari komunikasi suara, pesan-pesan, SMS, mobile multimedia, dan
lain-lain.
- mobile
entertainment terdiri
dari hiburan musik, video, games, lotere, dan lain-lain.
- Mobile
office yang
terdiri dari email, penjadwalan dan direktori.
Beberapa Keuntungan menggunakan M-commerce
- kepuasan
pelanggan, penghematan baiya dan peluang bisnis baru
- dapat
dilakukan dimana saja dengan light-weighted device
- pemilik
tunggal mempunyai pengendalian atas data sedangkan mobile devices dapat
diselaraskan
- dapat
membawa penjual dan pembeli bersama-sama dengan mudah sehingga
memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih besar dan hubungan dengan
pelanggan menjadi dekat.
Beberapa Kerugian dalam penggunaan M-commerce, yaitu:
- Mobile
device tidak biasanya menawarkan grafik atau daya proses suatu PC
- layar
yang kecil dari mobile device membatasi kompleksitas aplikasi
- masing-masing
jaringan mempunyai pendekatan yang berbeda terhadap pemahaman m-commerce
No comments:
Post a Comment